fbpx

Bagaimana Memakai Ihram dan Apa Yang Dilarang Dalam Islam Mengenai Ihram

Reading Time: 4 minutes

Umroh adalah ziarah kecil yang dilakukan oleh umat Islam. Ibadah haji ini tidak wajib dalam Islam, namun tetap membawa nilai-nilai yang lebih luhur dan sering dianggap sebagai salah satu rukun Islam. Ini adalah salah satu Sunnah yang paling indah dari Nabi Muhammad (SAW).

Umroh tidak memuat banyak ritual, hukum, dan peraturan. Tidak seperti haji, itu dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun, tetapi ada juga bulan-bulan tertentu yang dipilih orang daripada yang lain karena relevansinya atau karena keadaan yang menguntungkan. Banyak penyedia jasa yang memberikan paket umroh terbaik untuk membuat haji Anda nyaman dan khusyuk. Jika Anda mungkin baru pertama kali melakukan umroh, Anda bukan satu-satunya orang yang tidak yakin dengan aturan berbusana (Ihram) di Makkah dan Madinah. Kebanyakan jamaah umroh menanyakan pertanyaan seperti, apa yang harus dipakai wanita untuk umroh, atau apa yang dipakai pria? Ihram berarti pakaian putih bersih yang dikenakan jemaah haji atau umrah. Ketika pria dan wanita menunaikan haji, mereka harus mencapai kondisi ihram. Ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi oleh pria dan wanita Muslim sebagai perlengkapan haji.

Ihram untuk Pria

Ihram untuk laki-laki, yang berasal dari iluminasi hadits Nabi Suci kita (SAW) terdiri dari dua lembar kapas putih yang tidak dilapisi. Salah satunya disebut Izar, digunakan untuk melindungi bagian bawah tubuh. Yang kedua dikenal sebagai Ridha, yang digunakan untuk melindungi tubuh bagian atas. Pria tidak bisa memakai kaus kaki dan pakaian dalam bersamanya. Anda tidak bisa menutupi kepala Anda, dan Anda tidak bisa memakai pakaian yang dijahit saat melakukan umroh.

Lengan kanan Anda harus telanjang saat mengenakan Ihram, dan Izar Anda harus diperkuat dengan ikat pinggang. Saat memilih Ihram, perlu diingat bahwa ihram tidak boleh tembus cahaya dan cukup panjang untuk melindungi tubuh Anda dengan nyaman. Ini tahap pertama Umroh. Jika Anda tidak melakukannya dengan benar, Umroh Anda akan berhenti segera setelah perjalanan dimulai. Dan tidak ada yang menyukainya.

Alas Kaki Pria Saat Umrah

Semua yang Anda kenakan dengan kaki Anda harus berukuran sama dengan sol Anda, tidak boleh menyembunyikan bagian atas kaki Anda, dan menjaga agar pergelangan kaki Anda terbuka. Jadi, sandal adalah yang terbaik yang sesuai dengan semua spesifikasi. Anda bisa memakainya saat melakukan tawaf. Satu-satunya hal yang paling penting adalah pergelangan kaki Anda harus telanjang selain itu Anda mungkin mengenakan apa pun yang cocok.

Ihram untuk Wanita

Ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan bahwa kita semua tahu apa yang boleh dipakai pria tapi jenis pakaian apa yang harus dipakai wanita saat menunaikan umroh atau haji. Seorang wanita harus mengenakan pakaian normalnya dengan abaya putih atau hitam. Abaya Anda dimaksudkan untuk longgar dan mengembang sehingga tidak memperlihatkan tubuh Anda. Arab Saudi cuacanya sangat panas, jadi jika Anda pergi ke tengah tahun, biara Anda harus lebih tebal untuk melindungi tubuh Anda. Wanita harus menutupi kepala mereka dengan syal. Mereka mungkin juga memakai kaus kaki, tetapi Anda tidak bisa menutupi wajah dan tangan Anda di Masjid-al-Haram. Ingatlah hal ini saat Anda mempersiapkan paket Umroh 2021 dan wanita harus menjaga diri dan privasi mereka.

Larangan Ihram dalam Islam

Di sini kami akan membahas hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan dalam menggunakan Ihram untuk pria dan wanita:

Menggunakan Parfum


Ketika Anda mencapai kondisi ihram Anda, Anda tidak boleh menggunakan parfum atau bahkan sabun atau sampo jika mengandung aroma. Orang bahkan tidak dapat menambahkan Kohl ke mata mereka, dan minyak juga dilarang. Namun, Anda dapat membawa serta aroma yang tidak berdosa. Hadis di bawah ini mewakili aroma yang tidak terlarang.

Diceritakan bahwa Aishah berkata:

“Aku mengoleskan parfum pada Rasulullah untuk Ihramnya dan aku mengoleskan parfum padanya untuk Ihramnya, parfum yang tidak seperti parfummu ini” maksudnya bahwa itu tidak bertahan lama.

Referensi: Sunan an-Nasa’i 2688

Menggunakan atau menambahkan parfum dengan menempatkannya pada rambut, kulit, tubuh, dan bahkan sesuatu yang memikat Anda dengan aroma atau wewangian yang menyenangkan, seperti minyak mawar, kayu cendana, dll. Meskipun ada beberapa produk yang beraroma harum tetapi tidak jatuh ke dalam rangkaian parfum.

Pria Tidak Bisa Menutupi Kepala Mereka


Selama haji, tindakan menutupi kepala atau bagian kepala Anda dilarang bagi pria dengan sesuatu yang dianggap menutupi menurut aturan. Membawa payung atau memasang pita kecil di atas kepala tidak dianggap sebagai pelindung kepala.

Memotong Kuku atau Rambut


Dilarang memotong atau mengikis kuku jari tangan dan kaki. Anda bahkan tidak bisa menghilangkan rambut Anda dengan menyeret atau mencukur atau sesuatu yang lain. Memiliki rambut rontok bukanlah gerakan yang dilarang selama rambut rontok normal dan bukan merupakan hasil dari tindakan yang disengaja.

Wanita Tidak Boleh Menutupi Wajah atau Tangannya dengan Apapun


Wanita dilarang menutupi wajahnya dengan sesuatu yang menyentuh kulitnya. Meskipun jika Anda mampu melindungi wajah Anda dengan sesuatu yang tidak mencapai kulit Anda, itu bukan tindakan yang dibatasi. Wanita juga dilarang memakai sarung tangan, tapi mereka bisa memakai pakaian berlengan panjang untuk menutupi tangan mereka.

Keintiman Fisik atau Tindakan Mengundang Apa Pun


Setelah Anda mencapai keadaan ihram, Anda semua dilarang keras untuk memiliki keintiman fisik dengan pasangan Anda. Jika seorang laki-laki berada di Ihram dan istrinya tidak, maka perempuan dilarang mendorong suaminya untuk secara fisik menyayangi dirinya atau setiap tindakan memikatnya. Penampilan yang sehat tidak bermoral.

Anda harus mengingat semua hal di atas yang harus dan tidak boleh dilakukan untuk menunaikan Umrah atau Haji Anda dengan hati-hati. Bacalah dengan saksama untuk melakukannya dengan cara terbaik. Melalui paket Umroh 2021 Toyib Travel, Anda dapat menemukan waktu dan anggaran terbaik untuk menunaikan ibadah haji.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *