fbpx

Berapa Lama Waktu Umroh?

Reading Time: 3 minutes

Umroh juga disebut ziarah kecil atau haji kecil. Umroh menempati urutan kedua setelah haji yang merupakan kewajiban wajib bagi setiap muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Arti umroh yang sebenarnya adalah “mengunjungi tempat yang berpenduduk”.

Penting untuk dicatat bahwa haji hanya dilakukan pada waktu tertentu dalam setahun sedangkan umroh dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun. Jumlah total ibadah haji adalah 12 namun, total ritual umrah hanya 4. Keempat ritual umrah dapat dilakukan setiap hari dalam setahun sesuai dengan kenyamanan jamaah.

Berapa Hari yang Dibutuhkan untuk Melakukan Umroh

Pertunjukan umrah bisa dilakukan dalam beberapa jam. Untuk membuat perjalanan Umrah Anda nyaman tanpa masalah, Anda harus mendapatkan paket Umroh yang terjangkau dengan menghubungi agen perjalanan profesional di daerah Anda. Paket yang ditawarkan perusahaan memiliki semua fasilitas dasar yang meliputi pemesanan hotel, pemesanan penerbangan, dan layanan transportasi lainnya. Cara terbaik adalah mendapatkan pemesanan hotel dekat Haram di Makkah dan dekat dengan Masjid-e-Nabawi di Madinah untuk menghindari masalah dalam perjalanan.

Pelaksanaan Umroh Dalam Waktu Singkat

Faktanya, untuk mencapai Arab Saudi, Anda hanya dapat menggunakan dua bandara. Satu hadir di Madinah dan yang lainnya ada di Jeddah. Ingatlah bahwa Anda hanya dapat menggunakan dua terminal ini saat datang untuk umrah atau haji ke Arab Saudi. Setelah Anda sampai di bandara Jeddah dan Madinah, maka Anda memiliki dua pilihan apakah pergi ke Makkah dengan taksi atau Anda dapat menggunakan transportasi pribadi sesuai dengan kenyamanan Anda sendiri.

Perhatikan bahwa di beberapa paket mewah, transportasi pribadi akan dimasukkan dalam Paket Umroh. Namun jika fasilitas ini tidak ada, maka Anda bisa mendapatkan taksi secara sharing atau dibayar penuh.

Begitu sampai di Makkah, Anda dapat dengan mudah menyelesaikan ritual Umrah Tawaf hanya dalam 1,5 jam. Terkadang, Anda bisa menunaikan Umroh dalam waktu 2 hingga 2,5 jam jika akan melakukan Umroh di musim ramai. Langkah umrah selanjutnya adalah Sai yang perlu dilakukan setelah tawaf. Selama pertunjukan Sa’ee, peziarah harus berlari di antara perbukitan Safa dan Marwa.

Anda dapat menyelesaikan ritual Umrah dalam waktu 1 dan 1:30 jam. Ritual terakhir umrah adalah memotong dan merapikan rambut. Anda harus pergi ke tukang cukur untuk memotong dan merapikan rambut. Jika Anda memiliki pisau cukur dan gunting, maka Anda bisa memotong dan merapikan rambut sendiri.

Di Arab Saudi, mayoritas umat Islam yang bukan penduduk kota Makkah khususnya melakukan umroh di bulan Ramadhan. Jadi, pertunjukan umrah di bulan Ramadhan lebih ramai. Jika Anda ingin pergi di bulan Ramadhan, maka disarankan untuk memesan terlebih dahulu.

Berapa Hari yang Dibutuhkan untuk Melakukan Umroh Lagi?

Beberapa orang melakukan umroh setiap minggu di bulan ramadhan. Menurut pandangan ulama yang berbeda, Anda harus melakukan umrah beberapa kali sebelum dia melakukan ritual terakhir umrah yaitu halq dan taqsir.

Tindakan Halq adalah untuk pria dan tindakan Taqsir disarankan untuk wanita. Halq adalah mencukur seluruh kepala & Taqsir memotong rambut hanya dengan panjang yang setara dengan satu kuku. Oleh karena itu, para ulama mengatakan bahwa jika rambut Anda kembali menutupi kepala, maka Anda harus melakukan umrah lagi.

Selama masa Hazrat Muhammad (alaihissalam) pada khotbah terakhirnya Haji, Hazrat Aisyah (RA) melakukan umrah dua kali dalam jangka waktu kurang dari 20 hari. Jadi, di sini kita memiliki contoh Hazrat Aisyah (RA) melakukan umrah lagi dalam selang waktu singkat 20 hari.

Perhatikan bahwa Muslim yang tinggal di luar Arab Saudi, melakukan multi umrah dalam satu perjalanan. Mereka melakukan umrah dari sisi orang tua dan kerabat mereka. Beberapa dari mereka yang ingin mendapat pahala lebih, mereka melakukan umrah berkali-kali.

Demikian sekilas tentang waktu yang harus Anda habiskan dalam melaksanakan umrah. Sekarang, kita akan melihat beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang:

Pertanyaan yang Sering Diajukan

  • Bisakah Anda Melakukan Umrah dengan Visa Kunjungan?

Menurut situs resmi Arab Saudi untuk Haji dan Umrah, disebutkan bahwa Anda dapat melakukan umrah dengan visa kunjungan. Tetapi perhatikan bahwa non-Muslim tidak diizinkan memasuki Makkah dan Madinah dengan visa kunjungan dan mereka dapat menggunakannya untuk satu-satunya kunjungan ke kota-kota lain di Arab Saudi.

  • Berapa Banyak Tawaf yang Ada Saat Umroh?

Biasanya, jamaah akan melakukan tawaf tiga kali untuk haji dan satu kali untuk umrah. Tawaf dapat dilakukan sebagai tindakan ibadah sukarela berkali-kali. Dengan kata sederhana, seseorang tidak perlu naik haji atau umrah untuk melakukan tawaf.

  • Bisakah Anda Melakukan Umroh Dua Kali dalam Setahun?

Ya, Umroh bisa dilakukan setiap tahun berkali-kali dalam satu tahun yang sama. Tidak ada waktu khusus untuk melakukan umroh seperti haji seperti yang disebutkan di atas. Muslim di seluruh dunia bisa pergi umrah berkali-kali. Lebih lanjut, tidak ada keberatan bagi mereka yang ingin datang kedua kalinya untuk melaksanakan umrah di tahun yang sama.

Kesimpulan:

Sekarang Anda memiliki semua jawaban atas pertanyaan Anda tentang kinerja umrah. Jika Anda ingin melakukan Umroh dengan mudah, maka pesanlah paket Bintang 3, Bintang 4, dan Umroh bintang 5 sesuai dengan kenyamanan dan budget Anda. Cara terbaik adalah menghubungi agen perjalanan Haji atau Umrah profesional untuk mendapatkan paket terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *